Page

Info seputar dunia bisnis, pendidikan dan infotainment

Presiden Termiskin di Dunia

presiden termiskin di dunia, presiden miskin, presiden hidup sederhana, presiden yang patut dicontoh, presiden dunia yang miskin, presiden uruguay, jose mujica, agama presiden uruguay, agama presiden jos e mujica, biografi jose mujica,
Sekilas siapapun yang melihatnya pasti tak menyangka bahwa dia bukan merupakan orang sembarangan. Penampilan sederhana dan gaya hidupnya yang serba apa adanya membuat pria ini seperti masyarakat umum, bahkan lebih cocok dikatakan sebagai orang miskin.
Namanya Jose Alberto Mujica Cordano atau yang akrab disapa El Pepe, ia menjabat sebagai presiden Uruguay dari tahun 2010 – 2015. Meskipun sebagai orang nomor satu di negaranya, El Pepe sama sekali tidak menunjukkan kemewahan. Ia tak suka mengenakan jas berdasi layaknya pejabat tinggi. Bahkan tinggal ia tak mau tinggal di istana selama masa jabatan.
Tempat tinggalnya di rumah peternakan sederhana yang ada di pinggiran kota Montevideo. Jangan bayangkan rumah bertingkat dengan penjagaan ketat, atau istana dengan pelayanan istimewa. Pria 79 tahun itu lebih memilih rumah kecil nan lusuh miliknya bersama istri tercinta. Dengan kesederhanaan yang jarang dimiliki pejabat itu, El Pepe mendapat sebutan Presiden termiskin di dunia.
Mengenai pengamanan, Jose Mujica tak meminta pasukan pengamanan presiden yang berlebihan. Hanya ada dua orang polisi yang berjaga di rumahnya. Sang ‘Presiden Miskin’ itu yakin bahwa tidak akan ada bahaya yang mengancam dirinya. Kalaupun ada ancaman, rakyat pasti melindunginya.

Gaji Jose Mujica

Tentu Anda penasaran, berapa gaji yang diterima Jose sehingga hidup dalam kesederhanaan. Gaji yang diterima mantan Presiden Uruguay yang telah habis masa jabatannya pada 1 Maret 2015 silam itu sebesar US $12.000 atau setara dengan 120 juta rupiah.
Gaji besarnya itu tak digunakan semua oleh suami dari Lucia Topolansky itu. Ia hanya menggunakan 10 persen dari gajinya untuk hidup dan sisanya 90 persen disumbangkan untuk amal. Aktivitas sehari-hari Jose Mujica adalah bercocok tanam dan memasak sendiri tanpa pelayan hanya didampingi istri. Tidak ada yang istimewa di rumahnya, bahkan hewan peliharaan Jose dan istri hanya dua ekor anjing yang cacat.
Saat diluar rumah, pria kelahiran 20 Mei 1935 itu bebas berjalan-jalan sebagaimana masyarakat awam. Dengan begitu ia merasa hidup normal dan lebih dekat dengan rakyatnya. Gaya hidup sederhana seperti itu ternyata tidak dilakukannya untuk pencitraan belaka, tapi sudah dipraktikkannya sejak dulu.

Masa Kelam Jose Mujica

presiden termiskin di dunia, presiden miskin, presiden hidup sederhana, presiden yang patut dicontoh, presiden dunia yang miskin, presiden uruguay, jose mujica, agama presiden uruguay, agama presiden jos e mujica, biografi jose mujica,
El Pepe
Masa lalunya kelam, penuh dengan tantangan keras membuat El Pepe sangat menghargai kehidupannya yang sekarang. Jose pernah tertembak 6 kali, dipenjara selama 14 tahun dan pernah disekap di dasar sumur yang kotor. Hingga akhirnya pada tahun 1985 terbebas dari kepahitan.
Banyak orang menganggapnya sebagai presiden termiskin, tapi bagi seorang Jose Mujica dirinya tidak pernah merasa miskin. Menurutnya orang miskin itu justru mereka yang rakus, bekerja hanya untuk membiayai kebutuhan hidupnya yang mahal sehingga tidak punya waktu sendiri.
Suap dan korupsi merupakan dua hal yang dibencinya di pemerintahan. Namun, diluar semua hal positif tentangnya, Jose Mujica pernah mengambil kebijakan yang kontroversial. Pada era pemerintahan Jose Mujica, praktik aborsi dan penggunaan ganja serta pernikahan sesama jenis dilegalkan.
Jose Mujica juga merupakan seorang yang tidak mempercayai adanya Tuhan. Ia juga mengungkapkan bahwa negaranya merupakan negara paling sekuler di Amerika Latin. Oleh karenanya di negara antara tempat ibadah atau ritual keagamaan dan negara itu terpisah.
Facebook Twitter Google+
Back To Top