dapur rinformasi,- Enzo Ferrari adalah
pendiri perusahaan mobil sport mewah Ferrari. Awalnya Enzo merupakan
seorang pendiri tim balap Scuderia Ferrari dan kemudian menjadi bagian
dari produk mobil Ferrari. Dia dilahirkan di Modena, tetapi pada tahun
1916, ayahnya meninggal dunia karena wabah flu. Ia membangun
perusahaannya dengan membuat beberapa mobil sport yang menggunakan
namanya dan diberi lambang kuda jingkrak pada 1929. Enzo lahir 18 Februari 1898 dan wafat 14 Agustus 1988 pada umur 90 tahun.
Biografi Enzo Ferrari dari Biografi Web
Lambang
kuda jingkrak itu terinspirasi dari sebuah lukisan yang menghiasi badan
sebuah pesawat tempur yang diterbangkan oleh Francesco Baracca dalam
Perang Dunia I. Awalnya Ferrari menempatkan mesin di bagian depan mobil,
seperti mobil-mobil lainnya. Namun, sejak tahun 1961, mesin mobil-mobil
Ferrari ditempatkan di belakang.
Lahir di Modena, Enzo Ferrari
tumbuh dewasa dengan sedikit pendidikan formal namun ia memiliki hasrat
yang kuat untuk menjadi pembalap. Selama Perang Dunia I, ia bertugas di
barisan depan pasukan tentara Italia. Ayahnya, Alfredo, meninggal pada
tahun 1916 karena terserang wabah flu yang menyebar luas di Italia pada
waktu itu. Ferrari pun juga terserang flu dan ia dibebaskan dari
pekerjaannya. Saat tiba di rumahnya, ia mengetahui bahwa keuangan
keluarganya dalam keadaan terancam. Ferrari mencoba mencari pekerjaan di
Fiat (sebuah perusahaan mobil di Italia) namun gagal, kemudian ia
menemukan sebuah pekerjaan di perusahaan mobil yang lebih kecil bernama
CMN, mendesain truk bekas menjadi mobil yang lebih kecil. Ia juga
menjadi pembalap pada tahun 1919 di tim CMN, tetapi tidak begitu sukses.
Ia
meninggalkan CMN pada tahun 1920 dan menjadi pembalap di tim Alfa Romeo
(sebuah perusahaan mobil di Italia), ia berhasil meraih sukses yang
lebih dari sebelumnya. Pada tahun 1923, ia mengikuti balap mobil di
Ravenna dan mendapatkan penghargaan berupa badge The Prancing Horse
(kuda jingkrak) yang mendekorasi pesawat Francesco Barraca (seorang
pemimpin pasukan Italia). Logo ini menunggu selama 9 tahun sampai
akhirnya dipakai menjadi lambang mobil balap. Pada tahun 1924, Ferrari
memenangkan Coppa Acerbo (sebuah ajang balap mobil) di Pescara, Italia.
Ia mengalami sukses di balap lokal dan mendorong Alfa untuk memberikan
kesempatan mengikuti balap yang lebih bergengsi. Ferrari tidak mengambil
kesempatan itu dan tidak membalap sampai tahun 1927. Ia lanjut bekerja
secara langsung untuk alfa romeo sampai 1929 sebelum membuat scuderia
ferari sebagai tim balap untuk Alfa.
Ferrari
mengatur kegiatan perusahaan Alfa cars dan membentuk tim yang terdiri
lebih dari 40 pembalap, termasuk Giuseppe Campari dan Tazio Nuvolari.
Ferrari sendiri melanjutkan balap mobil sampai kelahiran anak pertamanya
pada tahun 1932 (Alfredo Ferrari, dikenal juga sebagai Dino yang
meninggal tahun 1956).
Alfa Romeo berakhir pada 1933 ketika
masalah finansial membuat alfa menarik diri. Oleh karena campur tangan
Pirelli, Ferrari tidak menerima mobil sama sekali. Karena kualitas
pembalap Scuderia, maka perusahaan tersebut mengalami beberapa
kemenangan (1935 di german adalah pengecualian). Merk auto union dan
mercedeslah yang mendominasi area tersebut.
Pada tahun 1937 Alfa
menerima kontrol usaha membalapnya sekali lagi, menyebabkan Ferrari
menjadi Direktur Olahraga di bawah teknik Alfa direktur. Ferrari segera
pergi, tetapi karena kontrak menyebabkan dirinya tidak bisa balapan atau
mendesain selama empat tahun. Dia membentuk Auto-Avio Costruzioni,
perusahaan yang menyediakan bagian-bagian untuk tim membalap lain.
Tetapi di Mille Miglia 1940 perusahaan memproduksi dua mobil untuk
bersaing, digerakkan oleh Alberto Ascari dan Lotario Rangoni.
Selama
Perang Dunia II perusahaannya dilibatkan di produksi perang, berpindah
dari Modena kepada Maranello. Tidak sampai setelah Perang Dunia II yang
diminta oleh Ferrari untuk menahan reputasi orang fasis dan mobil
buatannya yang memikul namanya, mendirikan Ferrari S.p.A. hari ini pada
1947. Perlombaan pertama yang ber-roda terbuka di Turin pada 1948 dan
kemenangan pertama masuk nanti tahun di Lago di Garda. Ferrari mengambil
bagian di Recipe 1 Kejuaraan Dunia sejaknya.
Pada
tahun 1960 an masalah kurangnya permintaan dan pembiayaan yang tidak
cukup memaksa Ferrari untuk membolehkan Fiat mengambil pancang di
perusahaan. Ferrari sudah menawarkan Arungan kesempatan untuk membelikan
perusahaan pada 1963 selama US$18 juta tetapi, terlambat di
perundingan, Ferrari menarik kembali. Keputusan ini memicu keputusan
Perusahaan Mesin Arungan untuk meluncurkan program balapan kareta
olahraga serius Eropa. Perusahaan menjadi saham bersama dan Fiat
mengambil saham kecil pada 1965 dan lalu pada 1969 mereka menambah
memegang mereka teguh 50% dari perusahaan. (Di 1988 tanah milik Fiat
ditambah ke 90%).
Ferrari tetap menjadi direktur pelaksana sampai
1971. Walaupun mengundurkan diri, ia tetap berpengaruh di perusahaan
sampai kematiannya. Masukan Fiat memerlukan beberapa musim untuk
mempunyai pengaruh. Namun, setelah segala kesuksesan itu dan janji gelar
jody sheckter di 1979, harapan kejuaraan Formula One jatuh lesu. tahun
1982 dibuka dengan sebuah mobil kuat, 126c2, pembalap kelas dunia, dan
hasil yang memuaskan pada awal balapan
Tetapi, Gilles Villeneuve
dibunuh di 126C2 pada Mei, dan kawan seregu Didier Pironi menyebabkan
karirnya diperpendek di akhir keras lebih akhir menghidupkan yang
berkabut backstraight di Hockenheim pada Agustus. Pironi menuntun
kejuaraan pegemudi pada saat itu; dia akan kehilangan timbal sewaktu dia
menunggu perlombaan sisa selesai. Tim melihat kejuaraan lagi selama
hidup Ferrari.
Enzo Ferrari
meninggal pada 14 Agustus, 1988 di Modena pada umur 90. Kematiannya
tidak dipublikasikan sampai dua hari kemudian oleh permintaan Enzo. Dia
meninggal di awal kekuasaan McLaren Honda
kombinasi. Satu-satunya perlombaan yang McLaren tidak menang pada 1988
adalah Grand Prix Itali. dipegang hanya minggu-minggu hasilnya 1-2 putus
bagi Ferrari, hubungan dengan Gerhard Berger yang memimpin di rumah
Michele Alboreto. Setelah kematian Ferrari, tim Scuderia Ferrari semakin
sukses, khususnya dengan Michael Schumacher, Felipe Massa dan Kimi
Räikkönen. Ia menyaksikan balap mobil Ferrari F40 sesaat sebelum
kematiannya. Pada 2003, sebuah mobil diluncurkan dengan nama Enzo
Ferrari. Membuat Cavaliere del Lavoro pada 1952, untuk menambah
kehormatannya Cavaliere dan Commendatore di 1920s, Ferrari juga mendapat
sejumlah tingkat kehormatan, Hammarskjöld Prize pada 1962, Columbus
Prize pada 1965, dan De Gasperi Award pada 1987. Pada 1994, dia secara
anumerta dilantik ke dalam International Motorsports Hall of Fame.
Setelah
kematiannya anak lelaki Alfredo (Dino), Ferrari memakai kacamata hitam
ikonis hampir setiap hari untuk menghormati anak lelakinya.